Minggu, 03 Juni 2012

DAFTAR ISTILAH HASH

ARTI KATA DAN ISTILAH DALAM SEBUAH HASH CLUB
1. Hash House Harries
Klub olah raga lari lintas alam yang berasal dari Malaya (sekarang Malaysia),dengan cara-cara khusus, yaitu jalur lari diberi tanda dengan potongan kertas (kawul) atau serbuk kapur/tepung oleh Hare. Para pelari (Hounds) mencari dan mengikuti jejak yang ditinggalkan oleh Hare, yang berawal dan berakhir di Beer Truck. Diakhiri dengan puncak acara adalah ritual Down Down.
2. Koba Hash House Harriers
Klub olah raga lari lintas alam yang berasal dari kota Koba, Bangka Tengah, Bangka Belitung. didirikan pada tanggal 9 Juli 1979, yang mengacu pada peraturan dan tradisi Hash House Harriers. Terdaftar di pusat Hash House Harriers International di Bangkok-Thailand, dengan motto FUN, Fitness & Friendship.
3. Hasher
Anggota yang telah membayar Membership Fee & nama-nya telah resmi tercantum sebagai anggota Hash Club dan masuk dalam pencatatan statistic Hash Club tersebut, dengan segala hak dan kewajibanmya.
4. Harriete
Sebutan bagi seorang Hasher wanita.
5. Puppy
Hasher kecil berusia antara 3 – 12 tahun.
6. MisManagement Committee
Istilah bagi pengurus sebuah Hash Club.

7. Hash Master/Hash Mistress
Pimpinan sebuah Hash Club yang dipilih dan di angkat atas persetujuan semua anggota melalui sebuah system pemilihan yang di tentukan. Berkarya selama masa bakti tertentu dan bisa dipilih kembali untuk masa bakti berikutnya.
8. Religious Advisor (R.A)
Hasher yang bertugas menerapkan aturan main Hash dan merupakan orang satu-satunya yang berhak memberikan down down pada Hash Master/Mistress. Yang boleh menjadi R.A. harus mantan Hash Master/mitress masa bakti sebelumnya.
9. Board of Hash Founder
Para pendiri pertama sebuah Hash Club.
10. Memsec (Membership Secretary)
Hasher yang bertugas untuk mencatat seluruh kegiatan Hash yang berhubungan dengan angka dan statistik. Misalnya jumlah frekuensi Run dan Hare setiap Hasher, jumlah Hasher dalam setiap Run, peserta setiap Run dsb.
11. On Sec
Hasher yang bertugas melaksanakan pencatatan semua data kegiatan Hash Club,administrasi/surat menyurat, statistik, keuangan, penerbitan Hasheet dll.
12. Hash Liaison
Hasher yang bertugas menghubungi sponsor dan menjamin adanya beer & minuman lainnya baik di Regular Run Site maupun didalam kegiatan Hash lainnya (Party, Picnic Run Dll).
13. Hash Cash
Hasher yang bertugas menerima pembayaran dari seluruh Hasher baik berupa Run Fee, Joining Fee, Membership Fee, Herregistration Fee dll. Juga mengurus pembayaran minuman, mengganti botol-botol yang hilang dsb. Sisa dari semua itu harus diserahkan pada Hash Bank pada hari itu juga.
(Catatan : dalam rombongan beberapa orang Hasher, istilah ini juga dipergunakan untuk menyebut orang yang secara pribadi di tunjuk oleh rombongan itu untuk mengumpulkan iuran dari rombongan serta mengelola seluruh pengeluaran rombongan tersebut).
14. Hash Bank
Hasher yang bertugas menerima sisa pendapatan dari Hash Cash, untuk kemudian pada hari berikutnya menyimpan uang tersebut di Bank, dan memberikan laporan pada OnSec.
15. Hash Auditor
Pemeriksa pembukuan Hash Bank setiap akhir masa bakti MisManagement Committee.
16. Hash Flash
Hasher yang bertugas mengabadikan semua peristiwa Hash dalam Photo/slide/film/video.
17. Hash Boutique
Hasher yang bertugas menjadi penyedia berbagai perlengkapan Hash, termasuk mendesain, mencetak dan membagikannya dalam berbagai acara Run di Hash. Hash Boutique juga bertanggung jawab bilamana ada anggota yang ingin menitipkan penjualan segala sesuatu selama acara Hash berlangsung dengan memberikan imbalan hasil penjualan kepada Klub.
18. Hash Music (Master of Music)
Memimpin Hasher menyanyi selama upacara Down Down, termasuk memberi komentar terhadap apa yang dilakukan oleh Hasher yang bersangkutan sehingga ia diberi Down Down.
19. Hash Scriber
Hasher yang bertanggung jawab atas lancarnya penerbitan Hasheet.
20. Hash Horn
Hasher yang bertugas membawa dan meniup terompet sebagai penunjuk jalan, sehingga Hasher yang tersesat bisa menemukan jalannya kembali.
21. Hash Nurse
Hasher yang bertugas menyediakan obat-obatan dan menolong serta mengobati Hasher yang jatuh, sakit dsb.
22. Hash Loader
Hasher yang bertugas membawa barang-barang keperluan Hash termasuk gelas untuk Down Down, terompet, obat-obatan,senter,tali dll.
23. Hash Court
Petugas pemberi HASHIT kepada Hasher yang di anggap “paling brengsek”
24. Hash Relation
Hasher yang bertugas mengurus ijin, termasuk menghubungi Kepolisian, Lurah, Dukuh dll untuk kegiatan Hash yang sifatnya khusus.
25. Hash Promotion
Hasher yang bertugas mempromosikan serta mengembangkan citra Hash dikalangan bukan Hasher.
26. Run Master
Hasher yang bertugas mencari dan mengingatkan kembali Hasher yang ingin menjadi Hare dan menyusun jadwal Run mingguan untuk minimal satu semester.
27. Membership Fee
Iuran keanggotaan yang harus di bayar oleh seseorang untuk menjadi Hasher.
28. Hash Name
Nama julukan khas Hash yang diberikan oleh Hash Master/Mistress, atau oleh Memsec/On Sec yang diberikan kewenangan oleh Hash Master/Mistress kepada seorang Hasher.
29. Down Down
Seni meminum habis segelas penuh bir dengan sekali teguk dengan iringan lagu Down Down dari para Hasher. Jika tidak habis, sisa bir harus di guyurkan di kepala. Down Down diberikan oleh Hash Master/Mistress atau R.A. sebagai suatu tanda penghargaan (an axclusive honour) yang boleh di protes tapi tidak dapat di tolak, apapun juga alasannya.
30. On On
a. Nada tinggi panjang, terus menurun : tanda awal untuk memulai kegiatan Run, diteriakkan oleh Hash Master.
b. Bersemangat, nada tinggi pendek-turun : tanda Hound telah menemukan jejak kawul yang benar.
c. Nada naik turun pendek : salam persahabatan antar Hasher saat berpapasan di jalan.
d. Nada rendah pendek : minum-minum di senja hari setalah selesai Hash Run.
31. Hare (“Kelinci”)
Hasher yang beberapa sebelum Run bertugas mencari Route/Trail dan membuat jejak kawul untuk di ikuti para Hound pada saat Run.
32. Co Hare
Hasher yang di anggap lebih senior, bertugas membantu Hasher yang mungkin baru pertama kali menjadi Hare. Nama Co Hare tidak dicatat dalam statistik Run.
33. Hound (“Anjing Pelacak”)
Hasher yang saat Run berlari mencari dan mengikuti jejak kawul/paper sign yang beberapa jam sebelumnya disebar oleh Hare.
34. Member / Anggota
Peserta yang telah membayar Membership/Herregistration Fee dan namanya sudah tercatat dalam daftar statistic.
35. Visitor/pengunjung
Peserta bukan anggota yang ikut kegiatan Hash.
36. Joining Fee
Biaya yang harus dibayarkan kepada Hash Cash oleh setiap orang yang datang ke Run Site, baik ikut lari atau tidak, ikut minum atau tidak, termasuk sopir, pembantu, baby sitter dan anak-anak. Pembayarannya di bebankan pada pembawa.
37. Hasheet
Selebaran mingguan sebagai sarana komunikasi antara MisManagement Committee dengan Hasher, juga antara sesama Hasher.
38. Hashit
Merupakan “hukuman” terberat bagi seorang Hasher.
39. Toast Master
Hasher yang bertugas mempersiapkan beer/minuman lainnya untuk kepentingan Down Down.
40. Bastards
arti sesungguhnya adalah haram-jadah, tapi ini merupakan panggilan khas penuh keakraban dan kasih saying antara sesame Hasher (seperti logat Jawa Timur ‘diancuk’ adalah merupakan makian, akan tetapi di antara sahabat baik, istilah ini seringkali di pakai sebagai tanda keakraban:” Cuk, dolan yuk” dsb.)
41. FRB’s (Front Running Bastards)
Hasher yang penuh energi, selalu ngebut dan meninggalkan rekan-rekannya jauh dibelakang.
42. RRB’s (Rear Running Bastards)
Kebalikan dari FRB’s Hasher yang selalu berjalan di bagian belakang.
43. SCB’s (Short Cutting Bastard)
Hasher yang tidak bisa membedakan mana kawul dan mana daun kering. Yang penting begitu On On, dia langsung berusaha untuk menemukan jalan pintas terpendek untuk mencapai Check In.
44. Check
Hambatan yang di buat oleh Hares berupa lingkaran kawul,supaya FRBs tidak ngebut meninggalkan RRBs.
45. Check Back
Seruan Hound di depan yang kehilangan jejak kawul kepada Hound yang dibelakangnya dengan maksud agar Hound yang di belakang ikut membantu mencari jalur kertas yang hilang.
46. Checking
Jawaban Hound yang sedang mencari jejak kawul yang hilang atas pernyataan Hound yang berseru : :Are you On?”.
47. False Trail
Jejak palsu yang sengaja dibuat Hares untuk menghambat FRBs.
48. Are you on ?
Teriakan kepada Hound yang berada di depan menanyakan apakah dia berada di jalur yang benar. Jawabannya bisa Checking atau On On.
49. Where are you ?
Teriakan Hound  yang kehilanan jejak kawul, bayangan punggung Hound yang berada di depannya dan tidak tahu harus kemana.
50. Passing
Seruan seorang Hasher yang ingin mendahului Hasher di depannya, agar memberinya jalan untuk lewat.
51. On Down
Panggilan kepada Hound yang berada di atas bukit untuk turun.
52. On Up
Panggilan kepada Hound yang berada di bawah untuk naik ke atas bukit.
53. On In
Panggilan kepada Hound untuk masuk kedalam sungai, karena Trail selanjutnya berada di seberang sungai dan tidak ada jalan lain yang bisa di tempuh selain menyeberang.
54. Trail
Jejak kertas /kapur/tepung yang disebar oleh Hare, berawal dan berakhir di Beer Truck.
55. Beer Truck (Piss Truck)
Truck yang membawa Beer dan minuman lainnya untuk persediaan minum para Hasher.
56. Recce
Survey lapangan yang dilakukan oleh Hare sebalum kegiatan lari sebenarnya.
57. Shiggy
Kumpulan tahi kerbau dan lumpur busuk yang kadang-kadang di pergunakan Hare sebagai Trail, karena ia ingin memandang rekan-rekannya belepotan lumpur.
(Catatan : Kotoran dalam arti harfiah bagisan dari ritual Hash agar setiap anggota tidak membeda- bedakan siapa saja anggota Hash Club).
58. Bore
Hasher yang tidak melakukan kegiatan Hash secara benar.
59. Boring
Perintah-perintah dari Hash Master/Mistress.
60. Hash Bridge
Jembatan khas Hash.
61. On Over
Panggilam bagi Hound untuk menyeberang Hash Bridge, karena tidak ada jalan lain.
62. Hash Commandment
Peraturan Hash yang berlaku secara International, yang membedakan antara Hash Club dengan Klub olah raga lari lintas alam lainnya. Harus dilaksanakan dan ditaati oleh siapa saja yang mengaku dirinya sebagai Hasher.
63. Hash Musium
Hasher yang bertanggung jawab menjadi penyimpan berbagai perlengkapan acara  Hash dan hadiah dari berbagai Hash Club lain, yang diperoleh Hash Master/Utusan ke berbagai acara.
64. Hash Tour
Hasher yang bertugas mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan kunjungan Hash Club ke Klub Lain/Acara di luar kota.

2 komentar: