Senin, 10 November 2014

Koba Hash on site

Koba Hash House Harriers adalah satu dari sekian banyak kennel Hash House Harriers di seluruh dunia. Berkedudukan di Koba, Bangka Tengah, didirikan oleh Jhon Rogers pada tahun 1979.

Ya, untuk ukuran manusia Koba Hash House Harriers ( KH3 ) sudah cukup dewasa. Hanya saja masih banyak yang belum mengenal Kobahash bahkan di Koba sendiri. Apa itu hash, apa kegiatannya dan bagaimana kadang masih saja ada yang bertanya-tanya.

Hash adalah kegiatan lari lintas alam di alam terbuka seperti hutan, perkebunan, bukit, sungai dan jalan-jalan setapak. Para pelari disebut Hasher. Lokasi lari disebut Run site. Lintasan larinya disebut Trail/track dibuat oleh seorang Hare atau di Koba lebih populer disebut Kelinci.

Para hasher brlari dan sesekali berjalan jika lelah di trail yang dibuat kelinci dengan mengikuti tanda taburan kertas atau limbah kertas kantor. Ditempat lain bisa saja tandanya dibuat dengan kapur, pita atau taburan tepung. Sesekali hasher akan menemui kertas bertuliskan ON-ON yang berarti bahwa jalan yang diambil sudah benar. Biasanya jika melihat tanda ON-ON hasher akan berteriak on-on kencang2 untuk memberitaukan hasher yang lain. Kalau ada tanda CHECK/CHECKING berarti hasher harus memeriksa jalan yang mana yang benar. Dan tanda lain yaitu CHECK BACK, berarti hasher harus kembali karna jalan yang diambil salah. Kembali dan temukan ON-ON.

Pelari yang baru ikut lari dengan Kobahash kadang sering mengabaikan kertas2 tanda ini. Biasanya karena ikut saja dengan hasher yang ada. Akibatnya ketika mereka terpisah dari hasher lain mereka bisa kehilangan arah dan jejak. Akhirnya tersesat kalau tidak mengenal run site. Kadang juga karena terlalu asyik berlari hingga tidak melihat tanda2 kertas.

Kegiatan lari Kobahash adalah setiap senin sore jam 17.00. Biasanya para hasher sudah bergegas ke runsite jam 16.00 karena sebelum lari bisa lebih dulu berbincang-bincang dan silaturahmi dengan hasher yang lain.


Happy Running! On-On!!!

--
AMI MUSTAFA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar