Selasa, 09 Maret 2010

AIR TERJUN SADAP, KAYU ARA






Lokasi senin, 08 maret 2010 di air terjun Sadap, kayu ara Bangka tengah. Thanx God, cuaca cerah. Dari Koba jarak menuju run site ditempuh selama 45 menit ke arah Perlang. Hampir sebagian besar member hadir. Sempat ngobrol2 sebentar dan registrasi Pan Sumatera, even hash yang akan diadakan di Lampung tgl 06-07 Agustus yang akan datang.

Track awalnya biasa aja, jalan datar mengarah ke perbukitan yang hijau. Sekitar 2 km kemudian jalan mulai menanjak. Semakin menanjak dengan kecuraman yang lumayan bikin megap-megap. Tapi untungnya nggak terlalu jauh, mungkin sekitar 1500m lah. Sampai diatas tiba-tiba hasher menumpuk berkumpul disatu tempat. Check back! Bujubusyet, di medan seperti ini pakai check back? Silahkan mengomel. Sasaran omelan siapa lagi kalo bukan kelincinya, Pak Kamlani, Taufik dan Jackie. Tapi sebenernya nggak salah sih, kalo nggak dikasih tanda check back bisa nyasar terus naik bukit. Ternyata hasher mesti undur kira2 500 m, belok kiri, turun. Suara air terjun sudah jelas terdengar bergemuruh. Ai ai, pemandangan dari atas bagus juga. Semakin menurun ke arah air terjun, batu2 besar dan aliran air mulai terlihat. Airnya jernih dengan batu2 yang licin. Sejenak para hasher sibuk jeprat jepret foto. On-sec nekad nyebur mandi. Airnya sejuk. Terbayar sudah sesaknya menanjak tadi.

Ternyata jalan menuju pulangnya dari arah berbeda dengan jalur masuk tadi. Jalannya sedikit menurun dan datar. Berarti kalo lain kali ingin sekedar rekreasi ke air terjun Sadap nggak perlu ngambil jalan menanjak seperti tadi, ada jalan pintas yang lebih singkat. Walaupun sayang air terjunnya nggak seperti air yang bener2 terjun, alias terlalu rendah. Tapi cukup menarik untuk dikunjungi sebagai objek wisata kalau bosan dengan pantai. Dan hebatnya lagi, air terjun Sadap ini mampu menghasilkan listrik untuk konsumsi masyarakat desa Sadap. Di tengah krisis listrik di Babel ini hal itu termasuk luar biasa loh.

Tiba ditempat finish hari mulai gelap. Bergegas pulang. Sampai Koba jam 19.00. Sampai jumpa senin depan, on-on!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar